Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Guru, Ratusan PAUD dan TK di Jombang Dibekali Laptop

Senen Disdikbud Jombang
Senen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)

JOMBANGKU.com – Sebanyak 845 satuan pendidikan di Kabupaten Jombang, menerima bantuan laptop sebagai bentuk fasilitasi pemerintah untuk menunjang proses pembelajaran, serta meningkatkan kompetensi guru.

Bantuan laptop untuk ratusan satuan pendidikan tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jombang HJ. Mundjidah Wahab, di Aula Bung Tomo Pemkab Jombang, Jumat (9/12/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Senen mengungkapkan, bantuan laptop dalam bentuk hibah tersebut diberikan kepada 824 TK dan PAUD, serta 9 SMP dan 12 SD.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan bisa menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan khusus untuk satuan pendidikan TK dan PAUD, bantuan tersebut diberikan untuk mendukung upaya peningkatan kompetensi guru.

“Bantuan TIK bagi jenjang SD dan SMP memang dikhusukan untuk menunjang proses pembelajaran. Namun, bagi TK dan PAUD karena ini sifatnya perdana, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru,” kata Senen, di Aula Bung Tomo Pemkab Jombang, Jumat.

Diakui olehnya, selama ini bantuan TIK memang diprioritaskan bagi jenjang SD serta SMP, baik sekolah negeri maupun swasta. Tujuannya tak lain, untuk mempermudah proses belajar-mengajar dengan menggunakan metode tampilan slide.

“Untuk SMP tampilan slide dalam sistem pembelajaran memang sudah kerap diaplikasikan. Untuk jenjang SD intensitasnya masih rendah, namun bisa dimanfaatkan oleh guru untuk kepentingan karya tulis dan sebagainya,” ungkap Senen.

Kondisi serupa, jelas dia, tidak terjadi pada jenjang TK serta PAUD. Kalaupun guru membawa laptop ke sekolah, barang tersebut merupakan milik pribadi.

Dia menambahkan, mengingat ratusan penerima bantuan laptop didominasi oleh satuan pendidikan swasta, mekanisme bantuan TIK tersebut diberikan dalam bentuk hibah.

“Untuk bantuan bagi TK serta PAUD sifatnya hibah, karena satuan pendidikan swasta. Sedang bagi SD dan SMP yang negeri, menjadi aset dan dimasukkan sebagai barang inventaris,” ujar Senen.

Untuk diketahui, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyerahkan bantuan laptop kepada ratusan kepala sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Kota Santri, di Aula Bung Tomo Pemkab Jombang, Jum’at (9/12/2022) siang.

Penerima bantuan TIK tersebut terdiri Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Dasar (SD), hingga Taman Kanak-Kanak (TK), serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Penyerahan bantuan TIK oleh Bupati Mundjidah, dilakukan bersamaan dengan agenda pembinaan kepala sekolah anak usia dini. (HER/Ant/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *